Monday, March 19, 2007

Semenanjung Sinai

Semenanjung Sinai atau Sinai merupakan satu semenanjung berbentuk segitiga yang terletak di antara Laut Mediterranean (ke utara) dan Laut Merah (ke selatan), yang terletak di Mesir. Ia mempunyai keluasan sebanyak 60,000 kilometer persegi.
Gunung Sinai terletak di sebelah selatan semenanjung ini.
Semenanjung Sinai (b. Arab: شبه جزيرة سيناء) adalah sebuah semenanjung berbentuk segi tiga yang terletak di Asia Barat namun menjadi bagian dari Mesir di Afrika. Daratan seluas 60.000 km² ini dibatasi oleh Laut Tengah di utara, Laut Merah di selatan, Terusan Suez di barat, dan perbatasan dengan Israel di timur laut.
Semenanjung Sinai hampir seluruhnya terdiri dari padang pasir namun ada penduduk di pesisir Sabah di Taba (dekat kota Eilat, Israel) dimana terdapat hotel dan kasino. Lebih ke selatan lagi, terdapat Nuweiba, Dahab, serta Sharm el-Sheikh. Di pesisir utara, ada penduduk di dekat Jalur Gaza yaitu di El-Arish.
Gunung Sinai terletak di sebelah selatan semenanjung ini.

Semenanjung Sinai , Teluk Suez (barat), Teluk Aqaba (timur) dari kapal angkasa bolak-balik STS-40
Gunung Sinai (juga dikenal dengan nama Jabal Musa جبل موسَى dalam bahasa Arab) adalah sebuah gunung yang terletak di Semenanjung Sinai di Mesir. Tingginya 2.285 meter dan berada di barisan pegunungan di sebelah selatan semenanjung tersebut.

Lokasi gunung sinai di semenanjung sinai

1 comment:

Unknown said...

Assalamualikum, saya mahasiswa ssatra arab uns, jika boleh, saya ingin interview tentang sejarah bukit sinai dan bangunan2 bersejarah yang tredapat dsana,, guna menyusun project skripsi,, terimakasih, wassalaamualaikum,